Pekerja Migran Indonesia Jalani Rapid Test Covid-19 di Bandara International Ahmad Yani Semarang

By Ali Muhtarom 19 Mei 2020, 21:14:57 WIB Covid19
Pekerja Migran Indonesia Jalani Rapid Test Covid-19 di Bandara International Ahmad Yani Semarang

Keterangan Gambar : Proses Rapid Test Covid19


Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada hari ini, 18 Mei 2020 melaksanakan pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui Bandara international Ahmad Yani Semarang. Kegiatan yang  dilaksanakan oleh  Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah ini memeriksa 57 orang PMI  yang berasal dari Malaysia. sebagian besar PMI berasal dari kabupaten/kota di wilayah Jawa Tengah.

Balai Laboratorium Kesehatan Dan Pengujian Alat Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebagai alah satu UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah ikut berperan dalam kegiatan ini dengan mengirimkan 12 tenaga kesehatan dalam pemeriksaan rapid test Sars Cov-2.  Pekerja migran yang tiba di bandara akan dilakukan pemeriksaan suhu, pengecekan dokumen, skrining kesehatan (deteksi dini  Sars Cov-2) dan pemeriksaan Sars cov-2 dengan metode rapid test. 9

Setelah dinyatakan hasil rapid test non reaktif, para PMI ini akan menjalani karantina di Balai Diklat Provinsi Jawa Tengah di Srondol sebelum dijemput oleh kabupaten/kota  asal masing-masing.  PMI dengan hasil rapid test reaktif akan dirujuk ke  RS Nasional Diponegoro untuk dilakukan pemeriksaan swab dan RSUP dr Kariadi apabila hasil rapid test reaktif dan menunjukkan gejala. Rencana kegiatan pemulangan PMI ini akan berlangsung selama 6 hari dari tanggal 18-23 Mei 2020.Mari kita doakan semoga semua PMI di Jawa Tenga sehat semua sampai dengan selesai menjalani karantina. (Tim Promkes/So)