PELATIHAN IN HOUSE TRAINING K3 LABORATORIUM KESEHATAN

By Ali Muhtarom 28 Feb 2020, 21:00:39 WIB Informasi Publik
PELATIHAN IN HOUSE TRAINING K3 LABORATORIUM KESEHATAN

Keterangan Gambar : Pelatihan In House Training K3


Laboratorium adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah. Dimana didalamnya memiliki beberapa macam jenis alat dan beberapa jenis bahan yang dibutuhkan dilaboratorium. Dalam prakteknya, adanya aktivitas yang berkenaan dengan bahan dan peralatan spesifik memungkinkan timbulnya potensi bahaya terhadap para pekerjanya. Oleh sebab itu perlu dilakukan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di laboratorium.

Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di laboratorium adalah salah satu upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga menjadikan laboratorium bebas dari kecelakaan kerja dan bebas dari penyakit akibat kerja (KAK dan PAK), yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

Balai Laboratorium Kesehatan dan Pengujian Alat Kesehatan dalam rangka memberikan pengetahuan kepada petugas, teknisi /penganalisa dan ahli dibidang laboratorium agar memiliki pemahaman dan kesadaran untuk memperhatikan K3 saat bekerja maka menyelenggarakan kegiatan In House Training K3 Laboratorium Kesehatan pada tanggal 25 - 26 Februari 2020.

 Adapun tujuan dari kegiatan tersebut yaitu meningkatkan kapasitas pegawai dalam manajemen dan pengelolaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Balai Laboratorium Kesehatan dan Pengujian Alat Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Materi kegiatan acara tersebut yaitu pengantar K3 Laboratorium, peraturan dan perundangan serta prinsip dasar K3 di laboratorium, identifikasi bahaya penilaian dan pengendalian risiko K3 di laboratorium, pengenalan Sistem Manajemen K3 (SMK3) di laboratorium, pengelolaan Laboratorium (Design dan Layout Laboratorium, Sistem Tata Ruang Laboratorium, Sistem Ventilasi Sirkulasi Udara, Safety Culture), manajemen APD ( kelengkapan alat pelindung diri ) di laboratorium, pelayanan kesehatan kerja (penerapan ergonomic, monitoring lingkungan kerja, pemantauan dan pemeriksaan kesehatan pekerja serta pemberian imunisasi), pengelolaan B3 di laboratorium dari aspek K3 termasuk COSHH (Control of Substances Hazardous to Health) dan pengelolaan MSDS and Labeling, pencegahan dan pengendalian kebakaran, pengelolaan prasarana Laboratorium dari aspek K3, pengelolaan peralatan laboratorium dari aspek K3, kesiapsiagaan menghadapi kondisi darurat atau bencana, P3K di laboratorium, penyusunan program K3 di laboratorium, dan yang terakhir yaitu implementasi K3 di laboratorium dalam persyaratan akreditasi laboratorium.

Kegiatan Pelatihan In House Training K3 Laboratorium Kesehatan telah dilaksanakan sesuai target dan sasaran dengan mengoptimalkan penggunaan alokasi anggaran secara efektif dan efisien dengan mengutamakan pelaksanaan kegiatan yang bersifat prioritas, sehingga mampu menjadi penopang tugas pokok dan fungsi organisasi. (Tim Promkes/Ni)