Percepatan Penanggulangan COVID-19 di Jawa Tengah

By Ali Muhtarom 13 Agu 2020, 21:22:44 WIB Covid19
Percepatan Penanggulangan COVID-19 di Jawa Tengah

Keterangan Gambar : Kunjungan Kadinkes dalam rangka percepatan penanganan Covid19


Kunjungan KaDinkes Prov. Jateng, DKK Sragen, DKK Demak, dan Balai POM Semarang dalam rangka Percepatan Penanggulangan COVID-19 di Jawa Tengah

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) telah dinyatakan sebagai bencana non-alam berupa wabah/pandemik sehingga perlu dilakukan upaya penanggulangan secara serius. Salah satu upaya penanggulangan di Jawa Tengah yaitu memenuhi target pemeriksaan COVID-19 dengan cara meningkatkan jumlah laboratorium pemeriksa COVID-19.  Pada tanggal 12 Agustus 2020 Balai Laboratorium Kesehatan dan Pengujian Alat Kesehatan (Balai Labkes PAK) Provinsi Jawa Tengah mendapat kunjungan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Kunjungan Bapak Kepala Dinas Kesehatan untuk memantau seluruh kegiatan pemeriksaan COVID-19, termasuk seberapa besar kemampuan jumlah pemeriksaan COVID-19. Hasil dari kunjungan tersebut yaitu penambahan satu ruangan pemeriksaan COVID-19 dengan standar Bio Savety Laboratorium Level 2 (BSL-2) serta penambahan beberapa alat pendukung dengan tujuan  peningkatkan jumlah pemeriksaan COVID-19 di Balai Labkes PAK.

Upaya peningkatan layanan pemeriksaan COVID-19 juga dilakukan oleh Dinas Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Sebagai langkah awal Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen, Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Balai POM Semarang telah melakukan studi banding mengenai prosedur pemeriksaan COVID-19 dan standar ruangan BSL-2 di Balai Labkes PAK Provinsi Jawa Tengah. Diharapkan dengan hasil studi banding tersebut dijadikan acuan untuk membangun Laboratorium Pemeriksa COVID-19 dengan standar BSL-2 di tempat masing-masing.

Jumlah Laboratorium Pemeriksa COVID-19 di Indonesia terus di tingkatkan dengan target 20.000 – 30.000 pemeriksaan per-hari, sedangkan target di Jawa Tengah sebesar 2.000 pemeriksaan per-hari.

Tetap patuhi protokol kesehatan, Pakai Masker, Cuci Tangan, Jaga Jarak. Semoga COVID-19 cepat berlalu.