RESERTIFIKASI LABORATORIUM BSL2+ DARI WHO

By Ali Muhtarom 11 Feb 2019, 17:30:54 WIB Mikrobiologi
RESERTIFIKASI LABORATORIUM BSL2+ DARI WHO

Keterangan Gambar : Sertifikat BSL2



        Dalam penanggulangan penyakit tuberculosis maka USAID telah menunjuk yayasan KNCV tuberculosis untuk mengimplementasikan program bantuan pengendalian tuberculosis(TBCAP) di Indonesia. Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan laboratorium agar memenuhi standar kualitas dalam penanganan kasus TB MDR. Balabkes dan PAK Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu laboratorium di Indonesia yang dipilih untuk program ini.


           WHO memberikan rekomendasi untuk pemeriksaan uji biakan dan kepekaan tuberculosis maka diwajibkan memiliki lab BSL 2+ . BSL 2+ Balai Laboratorium Kesehatan dan Pengujian Alat Kesehatan Provinsi Jawa Tengah berdiri sejak bulan Juli tahun 2011,  dan kini telah berhasil mendapat sertifikat Kelulusan Penilaian Kelayakan dan Resertifikasi Laboratorium Mikrobiologi BSL2 plus (Bio Safety Level 2+) atau batch 2 dari WHO.
Hal ini sesuai dengan visi kami yaitu laboratorium kesehatan rujukan dan pengujian alat kesejatan yang mengutamakan ketelitian dan ketepatan sesuai kebutuhan masyarakat. Dengan motto : CETAR (cepat, tepat, terpercaya)